Bawaslu Kabupaten Pasaman Lakukan Sosialisasi Pengawasan Pemilu



G7, Pasaman,__ Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Pasaman melakukan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif. Bawaslu mengajak seluruh lapisan Masyarakat untuk berperan aktif dalam Pengawasan partisipatif, Senin, (26/09/2022).

Ketua Bawaslu Pasaman Rini Juita mengatakan bahwa proses Pemilu 2024 nanti masyarakat bisa menjadi pelapor dan bisa menyampaikan ke Bawaslu, kalau itu ada pelanggaran. 


Dalam kegiatan itu, Bawaslu Pasaman akan berikan ilmu tentang pencegahan, pengawasan dan penindakan Pelanggaran, Bawaslu Pasaman bertugas melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat guna mendorong semangat dan keikutsertaan masyarakat dalam pengawasan partisipatif tersebut.


Rini menambahkan bahwa keikutsertaan masyarakat dalam pengembangan Pengawasan Partisipatif ini adalah bentuk suatu program dari Bawaslu.

“Karena ada keterbatasan personil, maka Bawaslu memiliki program pengembangan pengawasan Partisipatif. Mudah-mudahan dalam sosialisasi ini kita dapat berdiskusi dan berbagai pengalaman,” Ujarnya.


Kemudian Mesrawati Kordiv Hukum pencegahan, partisipasi masyarakat dan Humas Bawaslu Pasaman yang bertindak sebagai narasumber mengatakan bahwa tujuan pengawasan pemilu adalah memastikan terselenggaranya pemilu yang Luber, jurdil dan berkualitas serta terlaksana sesuai dengan undang undang pemilu secara menyeluruh, kemudian mewujudkan pemilu yang demokratis dan menegakkan integritas penyelenggara pemilu , transparansi penyelenggaraan serta akuntabilitas hasil pemilu. Untuk itu mari bersama rakyat kita awasi pemilu,” ujar Mesra.


Dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif tersebut, Bawaslu Kabupaten Pasaman mengangkatkan Tema tentang “Pengawasan Partisipatif Sebagai Wadah Kolaborasi Bawaslu Kabupaten Pasaman Bersama Stakeholder dan Organisasi Masyarakat untuk Pemilu Tahun 2024”.


Sosialisasi ini turut dihadiri oleh Dinas sosial, Dinas kominfo, Dinas Pemberdayaan masyarakat, Dinas Pendidikan, Kemenag, sejumlah Ormas diantaranya kelompok Rawiya, GMNI, Pemuda Pancasila, Muhammadiyah, Nahdatul Ulama, sejumlah kepala SMAN beserta siswa, SMKN, MAN, Perguruan tinggi YAPPAS, STAI YDI Lubuk Sikaping, Tokoh masyarakat, dan organisasi yang telah mengadakan MOU dengan Bawaslu serta undangan lainnya. (Jet)

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.