SD N 12 Padang Kubu Nagari Binjai Lakukan Bermacan Ekstrakurikuler



G7, Pasaman___ SD N 12 Padang Kubu Nagari Binjai kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat adakan banyak adakan kegiatan Ekstrakurikuler, salah satunya Kegiatan latihan Pramuka yang mana di adakan setiap hari Sabtu di setiap minggunya, hal ini di benarkan oleh Dubesman kepala UPT SD Negeri Setempat. Kegiatan Ekstrakurikuler tersebut secara resmi dibuka oleh Kepala UPT SD N 12 Padang Kubu Dubesman. Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana dan merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Dalam dunia internasional, Pramuka disebut dengan istilah “Kepanduan” (Boy Scout). Gerakan Pramuka memiliki kode Kode Kehormatan Pramuka, sebagaimana yang tertuang dalam Anggaran Dasar Pramuka, Gerakan Pramuka memiliki Kode Kehormatan yang terdiri atas janji yang disebut Satya dan Ketentuan Moral yang disebut Darma Kode Kehormatan Pramuka disesuaikan dengan golongan usia dan perkembangan rohani dan jasmaninya, yaitu Kode Kehormatan Pramuka Siaga terdiri atas Dwisatya dan Dwidarma.

Siaga merupakan tingkatan paling dasar dalam pramuka. Tingkatan ini terdiri dari anggota dengan rentang usia 7 sampai 10 tahun. Siaga terdiri lagi menjadi beberapa satuan, yakni barung sebagai satuan terkecil dan perindukan sebagai satuan besar. Satu barung memiliki anggota sebanyak 5 sampai 10 orang, sedangkan perindukan terdiri dari 3 sampai 4 barung. Siaga memiliki tiga tingkatan Tanda Kecakapan Umum (TKU) yang bisa diperoleh setelah menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU). TKU tersebut ialah siaga mula, siaga bantu, dan siaga tata. TKU tingkatan siaga berwarna hijau dan berbentuk sebuah janur. Ini disebut juga dengan istilah mancung, yaitu bunga pohon kelapa yang baru tumbuh.

Ekstrakurikuler Pramuka di SD N 12 Padang Kubu merupakan ekstrakurikuler wajib untuk siswa kelas 3 - 6 dengan 4 orang pembina. Tujuan Pramuka pada dasarnya kegiatan untuk melatih generasi muda agar memaksimalkan setiap potensi yang ada di dalam dirinya, baik itu intelektual, spiritual, sosial, dan fisik, membentuk karakter/ kepribadian dan akhlak yang mulia para generasi muda, menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsa di dalam diri generasi muda, menggali potensi diri dan meningkatkan keterampilan para generasi muda sehingga menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara.

Tampak Para siaga dan penggalang Gudep tersebut sangat antusias mengikuti rangkaian latihan mulai dari jam 14.00-16.00 sore di halaman Sekolah tersebut.

Tepatnya Sabtu 24/9/2022 kemarin di hadiri juga oleh pelatih Pramuka dari Gudep SD N 12 Padang Kubu Nagari Binjai kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat tersebut.

Kamabigus Gudep SD Setempat Dubesman berharap latihan ini di ikuti dengan penuh keseriusan dan moga anak-anak mampu dan cakap dalam mengaplikasikan materi demi materi yang di paparkan, kata Dubesman penuh harap sekaligus menutup pembicaraannya. (Jet)

Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.