84 Persen Pejabat Lulusan Perguruan Tinggi Korup, Mahfud Md: Berani Saja tapi Tidak Bersih, Bahaya



 G7,Jakatra__Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Mahfud Md menyatakan 84 persen pejabat lulusan perguruan tinggi di Indonesia berperilaku korup. Presentase itu jika dihitung dengan angka menunjukkan 950 dari 1.250 pejabat menjadi terpidana korupsi di Indonesia.

"Para pejabat negara  yang terbukti korupsi dan ditangkap  lembaga penegak hukum   delapan puluh empat persen di antaranya  lulusan perguruan tinggi," kata Mahfud dalam Seminar Kebangsaan yang digelar Universitas Buddhi Dharma Karawaci Kota Tangerang Rabu, 29 November 2023.


Oleh karenanya Mahfud Md yang hadir di acara itu selaku Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan RI menekankan pentingnya menjaga integritas dalam tindakan profesional. Dengan demikian menjaga integritas merupakan bentuk  keberanian melakukan pekerjaan yang benar-benar bersih.

Sebaliknya, Mahfud mengatakan orang-orang yang tidak bersih dalam menjalankan tugas dan jabatan kariernya nantinya akan tersandera dengan keputusan-keputusan di kemudian hari.

Mahfud kemudian memberi contoh seorang hakim ingin bertaubat dari perbuatan masa lalunya dengan berbuat baik. "Misalnya dengan menolak pihak yang ingin menang tapi hakim itu akan dikenal karena pernah menerima suap dari orang yang sama," kata dia.

Oleh sebab itu Mahfud mengingatkan agar pejabat itu harus hati-hati. Sejak awal harus bersih agar tidak tersandera. "Arti merah putih (- bendera negara Indonesia). Merah itu berani. Tapi berani saja kalau tidak bersih, itu membahayakan orang banyak," ujarnya.

Maka itulah menurut  Mahfud pendidikan  digunakan  untuk menanamkan  wawasan-wawasan budi pekerti bukan sekadar membuat otak cerdas.  "Disitulah ada unsur-unsur intelektual  dan moralitas," katanya disambut tepuk tangan ratusan mahasiswa yang hadir di Auditorium Vippasi Akademik Universitas Buddhi Dharma. 

Merujuk angka presentase 84 persen lulusan  Perguruan Tinggi  korup saat menjadi pejabat negara kata Mahfud, sepertinya terlihat besar jika dilihat dari angka koruptor. Tapi kalau dilihat dari jumlah seluruh lulusan Perguruan Tinggi, 84 persen itu kecil.

"Perguruan Tinggi terus saja bekerja, kalau ada yang nakal sebagian kecil yang kebetulan menempati posisi-posisi penting di negeri ini maka itu sesuatu yang sulit dihindari, tapi arus besar pendidikan itu harus yang baik," kata Mahfud yang hadir di Seminar Kebangsaan Universitas Buddhi Dharma  didampingi  Anggota DPR RI Faksi PDI Perjuangan, Rano Karno.

Sumber: Tempo.co

Labels: , ,

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.